Rabu, 14 Februari 2018

Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Mr. I.N Azhar

Belajar bahasa Inggris memerlukan keseriusan lho, namun kalo dibikin fun, maka akan sangat menyenangkan. Berikut ini tips-tips buat kamu yah. Semoga bermanfaat. 

Siapkan Materi Belajar (Tulisan, Audio dan Visual)
Persiapkan materi yang menarik sebelum kalian memulai belajar. Belilah buku yang dilengkapi dengan fasilitas audio sehingga pada saat melihat materi yang ada di buku, kalian dapat sekaligus mendengarkannya dengan menjalankan audio lesson. Dengan banyak mendengar dan memahami materi yang disampaikan audio, kalian akan lebih mudah membentuk kemampuan berbicara sekaligus mendengarkan. Untuk materi visual, kalian dapat menggunakan film dengan subtitle bahasa Inggris sebagai media belajar. Kamus merupakan buku yang wajib Anda miliki untuk belajar bahasa Inggris. Kalian dapat memperbanyak kosakata untuk mempelajari kata-kata dan pola kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Materi juga bisa Anda dapatkan di online, berbagai situs telah menyediakannya.

Pelajari Terlebih Dahulu Kata-kata Bahasa Inggris Dasar
Sebelum kalian mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya kalian mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Belajarlah Setiap Hari
Cobalah untuk mengelokasikan beberapa saat setiap hari untuk pelajaran anda, idealnya saat otak anda sedang bisa menerima dengan baik. Ingatlah, lebih baik belajar 30 menit per hari dibandingkan 3 jam per minggu. Jika anda dapat menyediakan waktu sejam per hari, cobalah untuk membaginya menjadi 2 atau 3 sesi.


Review Secara Teratur
Ulangilah setiap pelajaran beberapa kali, misalnya sekali di pagi, sekali saat sore dan sekali lagi beberapa hari kemudian. Berikan waktu bagi otak anda untuk mencerna materi, tetapi yakinkan bahwa jarak antara masing-masing pelajaran tidak terlalu lama, misalnya lebih dari beberapa minggu. Jika tidak anda mungkin akan melupakan apa yang sedang anda pelajari. Pastikan bahwa anda sudah memeahami isi pelajaran yang ada sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. 

Teruslah Berlatih
Untuk memaksimalkan cara cepat belajar bahasa inggris ini, maka di perlukan lah jam terbang, karena jam terbang menentukan kemahiran seseorang. Namun, jam terbang diasah dengan ketekunan. Hal ini berlaku untuk semuanya, termasuk dalam belajar berbahasa Inggris. Berbahasa Inggris adalah suatu kegiatan yang sangat butuh jam terbang. Ada banyak hafalan dan pemahaman dalam berbahasa Inggris. Maka, solusi untuk meningkatkan jam terbang adalah dengan tekun berlatih. Kalian boleh ketika berkomunkasi dengan teman sesekali menyisipkan kalimat berbahasa Inggris. Hal ini cukup penting karena selain dapat melatih kemampuan speaking, kalian juga akan terlihat keren dimata teman-teman. Bisa berbahasa Inggris itu keren loh. Jadi, mari berlatih.

Fokus Pada Hal yang Menarik 
Begitu anda sudah memahami dasar-dasar sebuah bahasa, segeralah praktekkan baik membaca/menulis/bicara mengenai hal yang menarik bagi anda. Dengan cara ini, anda akan lebih mudah memngingat kata-kata, frase dan gramatikal. 

Jadikan Kebiasaan
‘Kita bisa karena terbiasa’ Pepatah legendaris itu pasti tidak asing di telinga kita. Menguasai bahasa Inggris mungkin adalah sesuatu hal yang sulit. Namun, lain cerita jika kalian membuat berbahasa Inggris sebagai kebiasaan. Ya, pada dasarnya, kalian sulit melakukan sesuatu karena hal itu terasa asing dan bukan menjadi kebiasaan. Namun, jika hal tersebut sudah familiar dan menjadi kebiasaan, ya tidak ada lagi kata sulit yang terucap. Semua seperti mengalir begitu saja. Jadi, salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan menjadikan kegiatan berbahasa Inggris sebagai kebiasaan. Buatlah hari dimana pada hari tersebut mewajibkan kalian menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

Belajar Dari Dengerin Musik

Senang ngedengerin musik? Ikutan Indonesian Idol tapi belum berhasil masuk? Nah daripada stress, pakai aja tuh hobi buat belajar bahasa Inggris. Mau tau caranya? Kamu percaya gak kalau dibilang bahwa susahnya mempelajari sesuatu itu terjadi karena kita ndak suka sama yang kita pelajari. Nah, sebenarnya memang bisa dikatakan demikian. bayangin aja kayak gini, kalau kamu tidak menyukai sesuatu biasanya kamu males untuk mengenal lebih jauh, males meluangkan waktu, ketemu masalah sedikit langsung putus asa dan bilang “Ahhh, susah nih”. Lain halnya kalau kamu menyukai sesuatu, apapun yang terjadi kamu pasti akan berusaha mati-matian untuk memahaminya. Contohnya kalau kamu seneng sama seseorang, pasti kamu akan berusaha mendapat informasi tentang dia no matter how hard kan? Nah, itu artinya kamu sedang mempelajari tentang orang yang kamu senengin itu. Jadi, kesimpulannya, kalau kamu suka, yang susah terasa mudah dan juga sebaliknya.  Lha, terus apa hubungannya sama nyanyi? Gini… Kalau kamu seneng nyanyi tapi gak terlalu berminat sama bahasa Inggris, coba deh kamu mulai mencari lagu-lagu yang berbahasa Inggris. Tentu saja cari yang lagunya enak dan penyanyinya kamu sukai baik karena suaranya maupun tampangnya. Logikanya, kalau kamu seneng ama lagu itu, kamu akan berusaha untuk emngerti arti lagu itu kan? Nah, secara tidak langsung kamu sudah menyenangi bahasa Inggris lantaran lagu itu. Gampang kan… 

Sekarang saya akan menyampaikan beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat buat kamu dalam mempelajari bahasa Inggris lewat lagu: 
  1. Pilih lagu yang kamu sukai dan tentu saja penyanyinya juga lah. 
  2. Pilih lagu yang slow aja. Kenapa? Karena biasanya lagu slow lebih mudah ditangkep kata-katanya, cari juga lagu yang gak terlalu keras musik pengiringnya. 
  3. Cari teksnya, tetapi terlebih dahulu coba kamu dengerin dan tebak lirik lagunya, ini akan melatih logika bahasa dan listening kamu secara otomatis. Setelah kamu coba bikin lirik kamu coba cocokin sama lirik lagu yang sudah kamu peroleh. Cocok? Bagus. Kamu bisa cari lirik lagu di internet, caranya: googling aja pake keyword “lyrics “. 
  4. Coba ikut menyanyikan semirip mungkin dengan penyanyinya, hal ini akan melatih pronounciation kamu. 
  5. Kalau nemu kata-kata yang kamu gak ngerti di lirik lagu, langsung cari di kamus, dan pake sesering mungkin dalam praktek ngomong. Biasanya lirik lagu diambil dari kata-kata yang sering dipakai, jadi kamu mestinya bisa mencoba mempraktekkannya sehari-hari. Kalau kamu ndak ada kesempatan praktek, coba aja buat kalimat sendiri dalam hati kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam mengingat kata-kata baru tersebut lho. Nah dari sini, mustinya vocab kamu makin baik. 
  6. Terakhir, usahain jangan beli bajakan, biar kualitas suaranya bagus dan gak bikin kuping sakit. Ok, gitu aja dulu. Jangan lupa praktekin yach, dan hope you can improve your english. Don’t forget to send your comment to us.
Lupa Bawa Kamus? Pake ms-word aja.
Buat kamu-kamu yang baru belajar bahasa Inggris ataupun udah pinter mungkin pernah ngalamin bingung alias gak ngerti arti sebuah kata dalam bahasa inggris kan? Pasti. Nah biasanya kita pake kamus untuk mencari artinya. Gimana kalo lagi gak ada kamus? Dalam tips ini kamu bisa memperoleh cara mencari arti kata dalam bahasa Inggris menggunakan pengolah kata yang sering kamu pake…. ms-word!! Gimana caranya? Gampang. Pertama ketikkan kata yang mau kamu ketahui artinya di sebuah dokumen ms-word, boleh buka baru ataupun yang udah ada tulisannya. Setelah kamu yakin spelling alias tulisannya bener, di blok aja tuh kata yang kamu belum ngerti artinya tadi. Setelah itu klik tools dan pilih menu thesaurus. Kamu akan bisa melihat penjelasan dari arti kata tersebut beserta padanannya. Tentu saja dalam bahasa Inggris juga, tetapi kamu biasanya udah bisa nangkep artinya kok. Oh iya, kamu juga bisa pake short cut Shift+F7 setelah proses blok untuk mendapatkan hasil yang sama. Tips ini sangat berguna saat kamu belajar bahasa Inggris dan disuruh menerjemahkan sebuah artikel. Udah, ketik aja pake ms-word dan cari artinya menggunakan thesaurusnya. Gampang kan? 

Nonton Film Berbahasa Inggris
Sudah pasti setiap orang suka menonton film. Hal itu yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh kalian yang ingin bisa pandai berbahasa Inggris. Dengan menonton film, kalian bisa mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu refreshing dan juga penambahan kosa kata bahasa Inggris. Selain itu, dengan intensitas waktu kalian mendengarkan percakapan bahasa Inggris di dalam suatu film, secara tidak langsung dapat membuat telinga kalian peka akan kalimat-kalimat yang terucap. Secara langsung, pemahaman akan listening yang menjadi elemen penting dalam berbahasa Inggris terasah. Semakin sering kalian menonton film berbahasa Inggris, semakin meningkat juga pemahaman kalian akan berbahasa Inggris. Bahkan, jika perlu, tontonlah film berbahasa Inggris yang tidak ada substitlenya. Hal itu akan membuat kalian menerka-nerka sendiri akan arti dari kalimat yang terucap di dalam film. Dampaknya, rasa penasaran pun timbul dan kalian akan mencari tahu sendiri tentang arti dari kalimat tersebut. Tidak ada yang sia-sia dalam hidup. Cara belajar berbahasa Inggris dengan sering menonton film berbahasa Inggris ini cukup efektif untuk dicoba.

Tontonlah Serial di Yutube yang Berbahasa Inggris
Situs Youtube yang mempunyai jumlah video klip terbesar dan terkenal ini bisa kalian manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Youtube jadi saluran yang luar biasa yang dapat membantu kalian tidak hanya berlatih dengan berbagai aksen akan tetapi bisa merasakan budaya dan gaya hidup dari setiap daerah. Di dalamnya terdapat pelajaran bahasa Inggris yang tak terhitung untuk semua tingkatan tentang semua topik di berbagai belahan dunia. Serial bahasa Inggris lainnya yang terkenal di Youtube seperti EngVid, Learning English with Mr. Duncan dan lain-lainnya yang mampu menarik jutaan penonton di seluruh Dunia. Yuk, mulai biasakan menonton serial favoritmu dalam bahasa Inggris di Youtube!

Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin
Nah, sebelum kalian mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya kalian belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar kalian fasih dan tidak kagok.

Hafal dan Pelajari Arti Kata Bahasa Inggris
Bahasa Inggris memiliki banyak kosa kata. Mungkin, hal itulah yang membuat banyak orang pusing dalam menghafalkannya dan akhirnya malah enggan untuk belajar bahasa Inggris, padahal inilah salah satu cara cepat belajar bahasa inggris. Segala sesuatu butuh proses dalam pencapainya, termasuk dengan menguasai bahasa Inggris. Ada banyak waktu yang harus dikorbankan untuk benar-benar bisa menguasa bahasa Inggris ini. Maka, buatlah beberapa kata bahasa Inggris beserta artinya disecarik kertas, kemudian tempel kertas tersebut di tempat-tempat yang sering kalian lewati atau kunjungi. Niscaya, waktu untuk menghafal dan mempelajari arti kata bahasa Inggris itu akan muncul dengan sendirinya ketika kalian melewati tempat-tempat tersebut. Semua butuh proses. Pada akhirnya, siapa yang menanam, dia yang menuai kok. Berikan label pada benda-benda di rumah kalian dengan kertas kecil berperekat. Kalian juga boleh menggunakan kertas berperekat di rumah dan menuliskan kata-kata bahasa Inggris untuk memperkaya kosa kata kalian. Berikan label pada beberapa perabotan rumah tangga dengan kertas berperekat setiap hari untuk membantu kalian mengingat kata bahasa Inggris untuk menyebut benda tersebut. Sebagai contoh, kalian dapat menempelkan label ini di lampu, kulkas, meja, komputer, dan meja makan kalian.

Rajin Membaca Materi-materi Berbahasa Inggris
Membaca itu banyak manfaatnya. Dengan membaca, kalian akan banyak mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Selain itu, membaca pun dapat merangsang kinerja otak untuk tetap bekerja dan memperkuat daya ingat. Maka, membaca bisa dikatakan sebagai metode yang paling efektif untuk menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa inggris, dan tentu saja dengan membaca kamu dapat memperkaya kosa kata bahasa inggris mu. Selain memperkaya kosa kata, membaca pun ternyata dapat melatih kemampuan speaking yang kalian punya. Dengan membaca kata demi kata dengan nada yang cukup keras, kalian akan tau bagaimana kosa kata bahasa Inggris diucapkan dengan benar.

Mencoba Menulis dalam Bahasa Inggris
Sama seperti membaca, menulis pun merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa inggris. Dengan menulis, secara tidak langsung otak kalian akan merekam kata demi kata yang tertulis tersebut. Hal itu tentu sangat efektif untuk menambah pengetahuan kosa kata dalam bahasa Inggris. Jadi, sisakan waktu seminggu dua kali untuk menuliskan cerita atau diary menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, kalian akan tau sejauh mana kemampuan dan pengetahuan kalian akan kosa kata yang ada. Nantinya, perlahan kalian akan penasaran untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris melalui tulisan.

Berteman dengan Orang yang Pandai Bahasa Inggris
‘Jika kita berteman dengan tukang minyak wangi, maka kita akan ikut wangi. Namun jika kita berteman dengan tukang minyak, maka kita pun akan ikut bau minyak’ Mungkin pepatah tersebut sudah sering sekali kita dengar. Ya, pada dasarnya, keterlibatan orang-orang disekitar kita akan mempengaruhi bagaimana kita. Maka, dalam hal ini, untuk belajar berbahasa Inggris kalian pun sangat perlu untuk mencari teman yang juga pandai berbahasa Inggris. Hal itu penting untuk memotivasi kalian dalam mengembangkan pengetahuan berbahasa Inggris. Setiap manusia mempunyai ego untuk terlihat lebih baik. Hal itu wajar. Jadi, carilah teman yang pandai berbahasa Inggris kemudian bersainglah dengan cara positif untuk memperlihatkan siapa yang lebih pandai berbahasa Inggris. Mmm… Selain mencari teman yang jago bahasa Inggris, mungkin ada baiknya kalian juga mencari pacar seorang bule? Hal itu pasti mengharuskan kalian bisa berbahasa Inggris kan? Jadi, segera gunakan cara cepat belajar bahasa inggris ini dan belajarlah agar bisa mendapat jodoh seorang bule, yaa.

Kursus
Kursus mungkin bukanlah hal yang  terdengar asing untuk kalian dan kursus memang sudah dari dulu menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa inggris. Sekarang, sudah ada banyak sekali jasa kursus yang menjanjikan banyak hal kepada konsumennya. Jadi, mengikuti kursus berbahasa Inggris bisa menjadi opsi yang sangat efektif untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Selain jadwal pertemuan yang rutin di setiap Minggunya, pengajar atau tentor yang dipilih untuk mengajar pasti juga lulusan terbaik dalam bidangnya.

Internet
Kita hidup di zaman yang sudah sangat maju. Disini, Internet memegang peranan penting dalam mengiringi kemajuan zaman tersebut. Ada banyak hal yang bisa kalian temukan di dalam internet, termasuk juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara cepat belajar bahasa inggris. Ya, di era yang serba digital seperti sekarang ini, bahasa Inggris sudah sangat-sangat-sangat bisa kalian kuasai hanya dengan bermodalkan internet. Ada banyak situs layanan online yang membuka jasa tentang pembelajaran berbahasa Inggris secara online.

Gunakan Aplikasi yang Ada di Internet
Cobalah gunakan aplikasi “Duolingo”. “Duolingo” adalah aplikasi pembelajaran bahasa daring gratis dengan metode interaktif serta permainan yang dapat disesuaikan untuk membantu kalian mempelajari kosa kata, tata bahasa, dan banyak lagi. Usahakan untuk menggunakan aplikasi ini sejenak setiap hari untuk memperkaya kosa kata kalian. Anda bisa membuat akun gratis dan menggunakan aplikasi ini pada telepon genggam, komputer, atau komputer tablet untuk membantu berlatih bahasa Inggris.

Pahami Hal-hal Tricky dalam Bahasa Inggris
Perhatikan sinonim. Bahasa Inggris dapat dianggap sebagai bahasa yang memiliki paling banyak kata dari bahasa-bahasa lainnya, sehingga sering kali ada banyak kata yang memberikan arti yang serupa. Meskipun mungkin sebuah kata adalah sebuah sinonim untuk kata lainnya, ini bukan berarti kedua kata tersebut dapat saling ditukar. Perbedaan tipis dalam arti kata dapat membuat perbedaan yang besar saat kalian menggunakan kata tersebut. Sebagai contoh, kata “kurus kering” (“emaciated”) dan “kurus” (“thin”) memiliki arti yang serupa, sedangkan “langsing” (“slim”) berarti seseorang yang terlihat kurus, tetapi masih memiliki bentuk badan yang menarik dan sehat. Periksalah definisi dari masing-masing sinonim sebelum kalian menggunakannya. Ini akan membantu kalian memperdalam pemahaman bahasa Inggris sekaligus mengembangkan kosa kata.

Kata kerja juga bisa jadi sulit dipelajari dalam bahasa Inggris. Ada banyak kata kerja dalam bahasa Inggris yang serupa, tetapi kalimatnya memiliki arti yang menjadi berbeda tergantung pada kata kerja mana yang dipilih. Sebagai contoh, “Bolehkah saya?” (“May I?) dan “Bisakah saya?” (“Can I? ”) memiliki arti yang berbeda tetapi serupa. Kata “may” menunjukkan bahwa kalian memohon untuk melakukan sesuatu dengan cara yang lebih sopan, sementara “can” menunjukkan bahwa kalian meminta sesuatu, entah diperbolehkan atau tidak. Pastikan bahwa kalian memahami kata kerja yang umum ini agar terhindar dari jenis kesalahan seperti ini.

Ingatlah bahwa ejaan bisa saja dilafalkan dengan bunyi yang salah. Dalam berbicara bahasa Inggris, banyak kata-kata yang tidak dilafalkan dengan bunyi yang sama walaupun memiliki ejaan yang sama. Ini berarti kalian dapat membuat kesalahan dengan bunyi pelafalan suatu hari nanti. Sebagai contoh, kata “bough”, “tough”, dan “cough” semua berakhir dengan empat huruf yang sama, tetapi bunyi pelafalannya berbeda-beda.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Geliat Ide Guru Peneliti

Tumbuhnya Gagasan Seputar   Guru Peneliti Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, guru yang sudah memperoleh sertifikasi dan tun...